Klik tulisan dalam kotak untuk informasi lebih lanjut :

Loading...

Senin, 13 Agustus 2012

Sejarah Keperawatan Bogor

Dasawarsa 1950 - 1960

Penyelenggaraan pendidikan tenaga perawat kesehatan jiwa berorientasi medik untuk kepentingan merawat pasien gangguan jiwa di Rumah Sakit Jiwa. Perawat melaksanakan pekerjaan sebagai pembantu dokter atau psikiater.

Dasawarsa 1961 - 1970

Pada periode ini dilaksanakan pendidikan perawat kesehatan jiwa yaitu SPRB (Sekolah Pengatur Rawat B) di Bogor, yang dipelopori oleh Magdalena Mahdi M.Sc.N. Orientasi pendidikan mengarah pada profesi mandiri perawat sebagai anggota tim dalam proses penyembuhan pasien gangguan jiwa di Rumah sakit Jiwa.

Dasawarsa 1971 - 1981

Pada awal tahun 1970 disusun kurikulum Ciloto yang mengacu pada adanya perubahan pola penjenjangan pendidikan perawat dengan orientasi pada kesehatan jiwa masyarakat.

Terbentuknya Sekolah Perawat Kesehatan Spesialis Jiwa

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 372/Menkes/SK/X/80 tanggal 4 Oktober 1980 tentang Susunan Organisasi dan Tatakerja Sekolah Perawat Kesehatan Spesialis Jiwa maka SPRB Bogor di konversi menjadi SPKSJ Bogor.

Pelaksanaan pendidikan mulai efektif tahun ajaran 1985/1986
Kegiatan pendidikan lebih berorientasi kepada peningkatan kualitas tenaga perawat yang dikirim tugas belajar

Terbentuknya Akademi Perawatan Depkes Bogor
(Muatan Lokal Perawatan Kesehatan Jiwa)

Berdasarkan SK Menteri Kesehatan No. HK.00.06.11.4716 tanggal 25 November 1984 tentang Pembukaan Akper Depkes Bogor Provinsi Jawa Barat, SPKSJ Akademi Perawatan Depkes Bogor dengan Muatan Lokal  Perawatan Kesehatan Jiwa dan mulai menerima peserta didik dengan latar belakang pendidikan SPK / SPKSJ yang ditugas-belajarkan.

Mulai tahun ajaran 1997/1998 Akper Depkes Bogor mulai menerima peserta didik dengan latar belakang SMA/SMU dengan kurikulum yang digunakan adalah kurikulum D III Keperawatan Muatan Lokal Perawatan Kesehatan Jiwa.

Akper Depkes Bogor Menjadi Program Studi Keperawatan

Dengan berdirinya Politeknik Kesehatan Bandung tanggal 16 April 2001 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial RI No. 298/Menkes-Kessos/SK/IV/2001 maka Akper Depkes Bogor menjadi bagian dari Program Studi Keperawatan Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung.


PPNI Kab. Bogor

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar