Jumat, 20 Juli 2012

Video YouTube Tunjukkan Perawat sebagai Bodoh atau Objek Seksual

PARA perawat hendaknya melakukan serangan terhadap video-video YouTube yang mencap mereka sebagai permainan seksual atau dungu, seperti disebutkan sebuah laporan yang dipublikasikan dalam sebuah jurnal perawat, Senin.
Para periset dipimpin oleh Gerard Fealy, profesor ilmu perawat dan bidan beranak dari University College Dublin di Irlandia, menganalisis 10 klip paling banyak ditonton di situs video populer tersebut sebagai respon terhadap kata kunci "nurses" dan "nursing."

Empat dari 10 video itu diposting oleh perawat, dan menunjukkan pekerjaan perawat sebagai terampil, profesional dan membuahkan imbalan.

Dua dari klip-klip itu berasal dari sebuah film kartun dan sebuah sinetron AS yang menunjukkan para perawat sebagai bodoh atau tidak kompeten.

Empat klip lainnya -- dari komedi TV AS Frasier, sebuah iklan Virgin Mobile, iklan pakaian dalam Belgia dan sebuah item dari show berita TV Internet -- menampilkan para perawat sebagai peserta berbusana minim atau berkenan untuk amor dalam berbagai fantasi seksual pria.

"Kendati dipuji sebagai perantara masyarakat, studi kami menunjukkan bahwa YouTube tidak berbeda dari media massa lain dalam hal mempropagandakan stereotype perawat yang terikat gender, negatif dan merendahkan," ujar Fealy.

"Stereotype demikian bisa mempengaruhi bagaimana orang memandan para perawat dan berprilaku terhadap mereka."

Dia menyerukan suatu perubahan.

"Kami merasa berbagai badan profesional yang mengatur dan mewakili para perawat perlu melobi kalangan anggota legislatif untuk melindungi profesi itu dari perbuatan stereotype negatif yang tak semestinya dan mendukung para perawat yang bergairah menggunakan YouTube untuk mempromosikan profesi mereka dengan cara positif. (afp/bh)

 Sumber : Harian Analisa (Rabu, 18 Jul 2012 00:03 WIB)
PPNI Kab. Bogor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar